Ketahui 5 Penyebab Diet Tetapi Susah Turun Berat Badan

penyebab gagal diet

Jika anda merasa sudah melakukan diet tapi ternyata tidak turun-turun atau diet tapi masih susah turun berat badan, sama saya juga mengalami.

Bahkan saya mengalami sejak tahun 2018 hingga 2019, merasa diet sudah pakai suplemen dan mengurangi gula tapi ternyata pas foto kaget masih gemuk juga.

Salah satunya pas diet saya gak suka nimbang, padahal timbangan adalah alat untuk mengevaluasi diet kita sudah tepat atau belum

Jadi yang niat diet tapi gak punya timbangan, segera beli (timbangan digital) dan lakukan 3 hari sekali nimbang

Nah apa saja penyebab umum sudah diet tapi tidak turun berat badan

1. Metabolisme Menurun
Saat kita puasa, atau tidak makan dari pagi sampai sore itu maka tubuh akan menyesuaikan dimana metabolisme tubuh akan menurun karena sadar tidak ada nutrisi masuk ke tubuh.

Bagaimana konsep intermitten diet dengan puasa, kebanyakan orang salah menerapkan bahwa intermitten harus minimal 16 jam puasa tidak kemasukan kalori sama sekali untuk meningkatkan hormon pembakaran lemak.

Sayangnya kita mungkin hanya menahan lapar dari jam 9 malam hingga 12 siang yang artinya hanya 15 jam, bahkan mungkin masih sedikit kemasukan kalori meskipun hanya minuman manis.

Kemasukan sedikit kalori menggagalkan intermitten diet, dan saat tidak makan seharian justru mengurangi metabolisme tubuh


2. Pencernaan Tidak Bagus

Sistem pencernaan adalah awal dari proses metabolisme (namun pencernaan bukan proses metabolisme) tubuh mulai dari makanan masuk ke lambung, usus halus dan tubuh mengambil setiap nutrisi dan disalurkan ke setiap bagian tubuh sesuai fungsinya dengan pembakaran energi (metabolisme)

Ketika pencernaan tidak bagus maka sistem metabolisme sendiri akan kurang maksimal, semakin gemuk seseorang sudah pasti pencernaan kurang bagus karena hampir semua bagian tubuh terbebani lemak, namun setiap orang berbeda-beda.

Makanan tinggi karbo dan gula juga mengakibatkan pencernaan dan hormon insulin terganggu

Pencernaan butuh asupan serat dan mikronutrisi yang baik dari sumber buah dan sayuran segar agar lancar dan bagus.


3. pengaruh Hormon (Serotonin dan Insulin)

Serotonin adalah hormon pengendali rasa stress atau rasa ingin makan terus. Kebanyakan orang gemuk ketika badmood rasanya lapar pengen makan, ini karena serotonin nya rendah.

Semakin baik serotonin maka semakin baik tubuh dalam mengendalikan nafsu makan, sebaliknya semakin jelak maka semakin nafsu ngemil tinggi.

Hormon serotonin bisa ditingkatkan dengan menurunkan kadar lemak dan konsumsi makanan sehat bernutrisi dari buah dan sayur

Sedangkan insulin pasti kamu sudah sering dengar sangat akrab bagi penderita diabetes. Insulin berfungsi mengatur kadar gula dalam tubuh.

Gula dalam tubuh berasal dlari semua sumber karbohidrat atau glukosa dengan kadar Glikemik Indek Tinggi.

Jenis GI tinggi seperti nasi, gula, tepung, dan semua jenis gorengan

Sedangkan jenis karbohidrat dengan GI rendah lebih baik terhadap hormin insulin, seperti kentang, ubi, singkon, oatmeal, gandum murni, dan kedelai


4. Kurang Asupan Protein

Protein adalah zat pembangun setiap organ, jaringan, tulan dan otot manusia. Meskipun manusia sudah tidak tumbuh namun proses perbaikan jaringan akan terus terjadi.

Mengapa anak-anak lebih sering konsumsi susu dan bagus pertumbuhannya karena terpenuhi kadar protein nya, sedangkan ketika dewasa mulai lupa dan malah kelebihan karbohidrat yang hanya sumber energi.

Protein akan meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh khususnya dalam membangun dan memperbaiki sel dan jaringan (70%) metabolisme terjadi untuk ini yang disebut Basal Metabolic Rate (BMR)

Terlebih jika melakukan olahraga yang membentuk otot maka energi akan terpakai lebih baik dengan asupan protein yang cukup.


5. Kurang Serat dan Cairan

Kebanyakan orang melakukan diet hanya fokus mengurangi asupan karbohidrat saja seperti mengurangi nasi, atau bahkan tidak makan nasi. Ini juga menjadi faktor yang kurang disadari bisa jadi susah turun berat badan.

satu sisi benar untuk defisit kalori dan sisi lain salah karena serat dibutuhkan dalam sistem pencernaan, semakin baik pencernaan maka sistem metabolisme tubuh ikut baik.

Sedangkan cairan adalah bagian utama dalam tubuh, 80% tubuh manusia terisi cairan sehingga jika kekurangan cairan maka akan ada sistem organ yang kurang maksimal, bahkan menjadi penyebab penyakit kronis seperti ginjal dan usus.

Tanda tercukupi cairan ketika buang air kecil warnanya tidak pekat, alias cukup bening.


Kesimpulan Agar Sukses Diet Turun Berat Badan

1. Tingkatkan Metabolisme
2. Perbaiki Nutrisi
3. Perbaiki Pencernaan
4. Perbaiki sistem Hormon
5. Cukup serat dan minum air

Kami Punya Program Diet Coaching yang bisa mempermudah proses Anda
(Berbayar Rp 980.000)

1. Diberi makanan pengganti (untuk siang dan malam) selama 25 hari yang mengandung:

  • Nutrisi, serat dan protein tinggi = memperbaiki pencernaan
  • Glikemik Indek rendah = meningkatkan hormon Insulin lebih baik
  • Mengandung serat fiber dan soy protein

2. Dipandu dan di edukasi bagaimana hidup sehat (Grup Online Coaching)
3. Komunitas hidup sehat yang Solid

Silahkan kontak ke:
whatsapp (auto click) 0899 7300 106

Ini hanya untuk orang yang tidak sekedar ingin turun berat badan, tapi ingin sehat jangka panjang. Atau Anda juga bisa membaca Panduan Lengkap Program Diet 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *